Selasa, 08 November 2011

Apakah Sejak Lahir Saya Sudah Tidak Perawan Lagi?

Saya umur 16 tahun. Sejak SD kelas 3 saya tinggal bersama ayah tiri, karena orangtua saya bercerai. Ia sering meraba-raba payudara saya yang saat itu belum tumbuh, setelah itu dia memasukkan jarinya ke lubang kemaluan saya. Karena takut, maka saat kelas 6 SD saya pindah ke rumah ayah kandung saya di kota lain.

Pada waktu SMP kelas 2, saya punya pacar. Kira-kira setahun kemudian, saya melakukan hubungan seperti layaknya suami istri. Yang saya ingat ketika itu, saya sama sekali tidak merasa sakit dan tidak mengeluarkan darah perawan seperti gadis-gadis kebanyakan.

Pertanyaan saya:
1. Apakah sejak lahir saya memang tidak perawan, ataukah karena perbuatan ayah tiri saya?
2. Mungkinkah kegemaran saya ikut beladiri berpengaruh terhadap hal itu?

Terima kasih atas jawaban dokter.
(RR, Banyumas)

Jawaban:
Selaput dara (Hymen) adalah suatu selaput yang elastis tipis, berbentuk seperti cincin atau setengah lingkaran, dengan lubang-lubang yang ukurannya bervariasi. Bisa juga selaput ini tidak berlubang sehingga mengganggu keluarnya darah menstruasi. Hymen ini terletak di pintu keluar vagina, dengan kata lain, untuk dapat memasuki rongga vagina harus melewati hymen dahulu. Karena bentuknya yang elastis, maka pada hubungan seks (coitus) yang pertama, tidak selalu terjadi perdarahan. Perdarahan hanya terjadi jika terdapat robekan, namun robekan pun tidak selalu mengeluarkan darah, misalnya bila hymen itu sangat tipis (sehingga tidak mengandung pembuluh darah), atau robekannya terlalu sedikit untuk menimbulkan perdarahan. Perdarahan juga tidak akan terjadi bila selaput dara sudah robek lama sebelum coitus yang pertama, misalnya karena olahraga, tertusuk benda keras, jatuh, dan sebagainya.

Oleh  karena itulah para ahli berpendapat bahwa utuh tidaknya selaput dara bukanlah ukuran apakah seorang wanita masih perawan atau tidak. Jadi nama selaput dara atau selaput perawan sebenarnya salah kaprah.

1. Sejak lahir sudah tidak perawan? Apakah yang anda maksud, sejak lahir sudah tidak punya selaput dara? Mungkin saja, atau mungkin juga anda punya tapi bentuknya tidak sempurna sehingga ketika ditusuk dengan jari atau penis tidak terjadi robekan. Mengenai perbuatan ayah tiri anda, mungkin ya mungkin tidak. Tergantung apakah jarinya cukup keras atau mungkin jarinya hanya menyentuh bibir kemaluan sehingga selaput dara tidak sampai terganggu.

2. Seperti uraian saya sebelumnya, olahraga tertentu bisa menyebabkan selaput dara menjadi robek, walaupun hal ini jarang terjadi.

Semoga jawaban saya memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar