Rabu, 26 Oktober 2011

Mimisan Sewaktu Sedang Tidur

Anak saya yang berusia 4,5 tahun telah 2 minggu ini menderita sakit pilek, tetapi tidak batuk dan tidak juga demam. Beberapa hari yang lalu tiba-tiba dia mimisan, kami jadi panik karena dia tidak pernah demikian. Kejadian ini pernah terjadi seminggu 3 kali. Mimisan yang pertama berhenti dengan sendirinya, sedangkan yang ke-2 dan ke-3 berhenti setelah saya masukkan daun sirih kedalam lubang hidungnya. Mimisan itu selalu terjadi ketia dia dalam keadaan
tidur.
Yang ingin saya tanyakan: apakah mimisan anak kami berbahaya dan menderita penyakit tertentu? Apakah khasiat daun sirih pada mimisan?

Jawaban :

Mimisan yang terjadi pada anak Anda yang terjadi dalam keadaan tidur dapat terjadi dengan 2 cara:
1. Terjadi secara spontan seperti pilek biasa dan mimisan ini tidak berbahaya.
2. Terjadi karena si anak mengorek-orek lubang hidung dengan ujung jarinya atau menggosok-gosong dengan tangannya karena rasa gatal dalam hidungnya disebabkan lendir dalam hidung. Anak yang sedang pilek menjadikannya gelisah dan bisa jadi secara tidak sadar menggosok-gosok hidungnya.
Mimisan yang terjadi sebagaimana kondisi diatas relatif tidak berbahaya, namun mimisan yang sering terjadi sampai seminggu 3 kali tersebut maka sebaiknya Anda periksakan ke dokter umum atau spesialis THT untuk mengetahui penyebabnya serta pengobatannya.
Untuk penggunaan daun sirih muda dalam menghentikan pendarahan sebenarnya sudah menjadi kebiasaan di beberapa daerah, hal ini masih terus dilakukan penelitian. Diperkirakan, daun sirih mengandung zat semacam alkaloid yang dapat mempercepat pembekuan darah. Saat ini saya belum dapat menganjurkan Anda menggunakan daun sirih untuk menghentikan mimisan anak Anda, namun apabila Anda tetap menggunakan saya sarankan agar Anda meremas-remas daun sirih terebut agar tidak merusak selaput lendir dalam hidung dan mencucinya terlebih dahulu.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Adik saya sering mimisan saat dia tidur apakah itu berbahaya untuk kesehatan nya

    BalasHapus
  3. barusan bgt anak sy lg tdr tiba" kbngun gara" mimisan knp ya?sy jd khawatir.

    BalasHapus
  4. Barusan,saya terbangun dan spontan tiba-tiba saya mengeluarkan darah dari hidung dan juga mulut gimana yah?

    BalasHapus