Jumat, 28 Oktober 2011

Hampir Setiap Hari Saya Pilek

Saya seorang gadis berusia 14 tahun. Sudah beberapa lama ini pernafasan saya terganggu oleh pilek yang terjadi setiap hari. Hal tersebut memaksa saya membuang ingus untuk melegakan pernafasan.
Yang ingin saya tanyakan:
Apakah penyakit ini membahayakan saya? Apa yang harus saya lakukan? Jenis penyakit apa yang saya derita?

Jawaban:

Pilek atau selesma menunjukkan adanya kelainan pada selaput lendir rongga hidung. Hal ini dapat disebabkan oleh alergi, infeksi atau tumor dalam rongga hidung. Pilek bisa jadi sebagai pertanda terjadinya penyakit lokal dalam rongga hidung (seperti: rhinitis, allergica, piloep, mazelen dsb).
Lendir yang keluar dari hidung bisa encer, kental, bernanah atau berdarah. Bisa tidak berbau atau berbau busuk. Itu semua disebabkan oleh penyakit yang menyebabkannya. Anda tidak menyebutkan gejala-gejala lain disamping pilek seperti pusing, demam, sakit kepala (seluruh kepala atau sebelah), rasa sakit di rongga atau sekitar rongga hidung, mimisan, sakit tenggorokan, batuk dsb. Hal-hal ini akan membantu untuk menentukan penyakit apakah sebenarnya yang Anda derita. Bila pilek terjadi setiap hari dan tidak disertai dengan gejala-gejala lain lendir yang keluar berbentuk encer dan jernih maka ada kemungkinan pilek tersebut adalah alergi (rhinitis allergica) yang biasanya tidak berbahaya hanya mengganggu dan penyembuhannya lama.
Karena pilek merupakan gejala dari suatu penyakit maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk diperiksa.

1 komentar:

  1. kalau sekali dua kali lendir yang keluar disertai darah??
    seringkali juga dibarengi sakit tenggorokan, apa penyakit serius??

    BalasHapus