Sabtu, 29 Oktober 2011

Bayi Saya Perutnya Sering Kembung

Saya seorang wanita berumur 24 tahun. Mempunyai seorang anak berumur 1 bulan. Selama ini bayi saya hanya minum ASI. Tetapi belakangan ini perutnya sering kembung dan berak sehari lebih dari 6 kali. Kadang-kadang mencret. Sudah saya bawa ke dokter dan diberi obat mencret. Setelah minum obat tersebut, mencret sembuh namun perutnya masih saja kembung. Saya juga telah mengoleskan bawang merah dicampur minyak kayu putih yang dioleskan punggung dan perutnya.
Yang ingin saya tanyakan:

  1. Benarkan apabila bayi kembung dan mencret disebabkan ASI yang berkualitas jelek?
  2. Apabila hal tersebut benar, apa sebabnya dan bagaimana cara menanggulanginya? Perlu saya informasikan juga bahwa selama menyusui gizi saya cukup baik, hidup tenang dan cukup tidur.
Jawaban:

ASI adalah makanan yang paling baik dan paling cocok untuk bayi. Namun demikian cara menyusui bayi harus benar agar kesehatan bayi tidak terganggu. Kualitas dan kuantitas ASI dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti diet, keadaan pikiran dan kondisi fisik ibu.Beberapa obat yang diminum ibu dapat terkandung juga dalam ASI misalnya obat pencahar, obat penenang dan obat tidur.
Jawaban saya atas pertanyaan Anda adalah:
  1. Bayi sering kembung dan mencret banyak penyebabnya seperti infeksi saluran pencernaan, gangguan pencernaan, menderita penyakit, cara menyusui yang salah, ASI yang kurang baik kualitasnya dan sebagainya. Penyebab kembung dan mencret bayi ibu bukan berasal dari ASI namun dari faktor luar baik yang mempengaruhi ASI maupun lingkungan.
  2. Membawa bayi Anda ke dokter merupakan keputusan terbaik. Cara menyusui bayi harus benar yaitu puting susu dibersihkan dahulu, menyusui pada waktunya, menyusui sebaiknya sambil dipangku, kepala bayi lebih tinggi dari badannya. Setelah disusui si bayi dibopong sebentar dengan posisi berdiri (jangan langsung ditidurkan) agar udara yang masuk kedalam tubuhnya dapat keluar. Jangan lupa membersihkan ASI yang menempel di bibir atau di pipi bayi. Makanan yang mungkin masuk kedalam ASI dan membuat mencret bayi perlu dihindari seperti makanan yang terlalu pedas dan lainnya.

1 komentar: