Rabu, 26 Oktober 2011

Pertumbuhan Gigi Terlalu Cepat

Sewaktu anak saya berusia 10 hari sudah tumbuh gigi dan kini sudah 2 bulan dan sudah tumbuh 2 giginya. Saya merasa terganggu dengan kondisi ini karena saat ini saya sedang menyusuinya dan dia beberapa kali menggigit puting susu saya. Adayang menyarankan agar gigi tersebut di cabut saja namun saya tetap khawatir akan mengganggu syaraf matanya?
Apakah pertumbuhan anak saya normal, saya jadi menduga apakah hal ini dipengaruhi jarak usia saya dan suami yang terlalu jauh.

Jawaban:

Standar normal yang digunakan dalam ilmu kedokteran adalah berdasarkan data statistik, begitu juga dengan pertumbuhan gigi.
Gigi susu bayi bagian bawah mulai tumbuh pada umur 4 - 8 bulan dan bagian atas 5,5 - 9,5 bulan. Namun ukuran ini bukan menandakan tumbuh gigi umur 4 bulan tidak normal. Menurut penelitian, dari 2000 kelahiran terdapat seorang bayi yang lahir telah memiliki sebuah gigi, ini disebut "natal teeth".
"Natal teeth" umumnya normal hanya tumbuhnya yang terlalu dini saja, namun ada juga "natal teeth" yang tidak normal disebut "supermumerary teeth" dimana bentuk giginya tidak normal sebab tidak punya akar gigi dan mudah sekali tanggal. Berdasarkan hal ini pertumbuhan anak Anda dan giginya adalah normal.
Menurut saya gigi tersebut tidak perlu dicabut sebab gigi palsu secara otomatis akan tanggal sendiri pada umur anak 6 - 7 tahun dan diganti gigi tetap. Anda terganggu dengan tumbuhnya gigi ini, bukankah hal tersebut juga tetap mengganggu apabila gigi anak Anda nantinya tumbuh seperti anak biasanya di umur 7 bulan?

1 komentar: