Minggu, 02 Oktober 2011

Asma Bukan Penyakit Keturunan

Saya wanita umur 25 tahun, saat ini menjalin hubungan dengan seorang pria. Ayah dari pria tersebut menderita penyakit asma. Saya ingin tahu lebih banyak tentang penyakit tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa asma adalah penyakit keturunan. Yang ingin saya tanyakan:
  1. Apakah itu hanya mitos?
  2. Apakah jika orangtuanya menderita asma maka anaknya pasti menderita asma?
Jawaban:

Penyakit asma dibagi menjadi 2 macam yaitu asthma cardiale dan asthma bronchiale. Asthma cardiale adalah penyakit sesak nafas yang disebabkan oleh penyakit jantung. Sedangkan asthma bronchiale adalah penyakit sesak nafas yang disebabkan oleh kelainan saluran nafas atau bronchus. Penyakit asthma bronchiale disebut juga penyakit bengek karena penderitanya menjadi sesak nafas dan nafasnya berbunyi.
Sedangkan asthma bronchiale disebabkan oleh penyempitan lubang saluran pernafasan sehingga udara pernafasan sulit melewatinya. Penyempitan tersebut disebabkan otot-otot saluran pernafasan mengalami kejang atau spasme (otot-otot pernafasan yang berbentuk lingkaran), menebalnya selaput lendir saluran pernafasan dan banyaknya lendir atau cairan dalam saluran pernafasan tersebut.
Penyakit asma manakah yang Anda maksud? Asthma cardiale terdapat pada penderita pernyakit jantung berat dan penyakit asma ini sama sekali tidak menurun dan bukan merupakan faktor keturunan. Jadi asma yang diderita orangtua pacar Anda mungkin adalah asma bronkial.
Dengan berasumsi hal tersebut maka jawaban saya adalah:
  1. Anggapan bahwa penyakit asma bronkial merupakan penyakit keturunan  tidak seluruhnya benar. 10 - 20% asma bronkial disebabkan faktor alergi yaitu alergi terhadap zat-zat dari luar tubuh seperti sebuk bunga, debu, wool, udara dingin dan sebagainya. Karena itu asma jenis ini disebut juga asma ekstrinsik. Lebih dari 50% asma bronkial disebabkan karena faktor dari dalam tubuh sendiri (infeksi, iritasi, stress dan emosi) dan asma jenis ini disebabkan asma intrinsik. Jadi sebagian besar penyebab penyakit asma karena "diperoleh" dan tidak mutlak karena faktor keturunan.
  2. Tidak. Orang tua yang mengidap asma bronkial belum tentu keturunannya mengidap asma tersebut. Bahkan bisa jadi tidak seorang anakpun yang mengidap penyakit tersebut dan bergitu juga sebeliknya.

1 komentar: