Kamis, 20 Oktober 2011

Mulut Selalu Bau, Bagaimana Mengatasinya

Saya merasa rendah diri karena mulut saya mengeluarkan bau yang tidak enak. Padahal saya selalu menggosok gigi 3 kali sehari. Mohon penjelasan Dokter untuk mengatasi hal ini.

Jawaban:

Bau yang keluar dari mulut seseorang dalam bahasa latin disebut "foetor ex ore". Foetor ex ore bisa didapat oleh semua orang tidak pandang dulu. Bagi orang yang indra pembaunya masih baik (letak di rongga hidung) maka ia sadar bahwa mulutnya mengeluarkan bau tidak enak. Hal tersebut dapat menyebabkan ia minder, malu bergaul. Namun apabila indra pembaunya mengalami penurunan fungsi, bisa jadi ia tenang saja karena ketidaktahuannya tersebut. Baru ketika ada orang yang memberitahunya bisa jadi efeknya adalah minder dan malu bergaul juga.
Penyebab mulut yang mengeluarkan bau tidak enak ada banyak baik yang disebabkan penyakit dari dalam maupun luar rongga mulut, misalnya: gigi yang kotor karena sisa-sisa makanan, infeksi gusi dan selaput lendir mulut (gingivitis/stomatitis), infeksi lidah (glositis), gigi yang berlubang atau rusak (caries dentis), karang gigi (calculus dentis), infeksi kelenjar ludah, infeksi tenggorokan (phatyngitis), abses daerah mulut dan tenggorokan, infeksi amandel (tonsilitis), infeksi saluran pernafasan, abses paru-paru, infeksi rongga telinga tengah, infeksi rongga hidung, gangguan pencernaan dan lain-lain. Bau mulut dapat juga disebabkan makanan yang dikonsumsi yaitu petai, jengkol maupun bawang putih.
Dengan menghilangkan sumber bau maka hawa mulut Anda tidak akan berbau lagi. Misal penambalan pada gigi berlubang dan lain-lain.
Yang dapat Anda lakukan adalah menyikat gigi (setelah bangun tidur dan setelah makan), menghindari makanan yang mengundang bau mulut, rutin berkumur (contoh: Enkasari, Betadine, air garam dan sebagainya). Apabila dengan cara ini bau mulut tidak juga hilang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mencari sumber bau dan menghilangkannya.

2 komentar:

  1. solusi bau mulut yang tak sembuh kunjungi www.diskusibaumulut.blogspot.com mengatasi dari pusat masalah hingga akhir tuntas :)

    BalasHapus

  2. Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable
    new experience. all things that are here will I make the source of
    reference, thank you friends...


    Obat Vimax Canada


    Obat Pembesar KLG


    Pembesar Penis Vimax Capsul


    Obat kuat Pembesar Penis Pria


    Hammer Of Thor Asli Italy Obat Pembesar Penis


    Vimax Original Obat Pembesar Penis


    Jual Obat Pembesar Penis KLG Asli


    Titan Gel Indonesia


    BalasHapus