Minggu, 23 Oktober 2011

Berapakah Lama Tidur Yang Normal?

Saya adalah seorang ayah dari 4 orang anak yang saat ini berumur 2,5,8 dan 12 tahun.Anak-anak saya tersebut semuanya senang bermain-main sehingga kalau siang tidak pernah tidur. Malam hari pun tidurnya hanya sekitar 6-7 jam. Teman-teman saya mengatakan bahwa anak-anak tidurnya harus cukup. Mengapa demikian? Berapa jam-kah lama tidur yang normal terutama untuk anak-anak?

Jawaban:

Masalah tidur penting untuk diketahui.Tidur merupakan proses fisiologis yang penting bagi kesehatan dan kelangsungan hidup. Pengeluaran tenaga diwaktu tidur dapat dikatakan sangat minim sehingga tidur merupakan istirahat yang sempurna. Pada waktu tidurlah disusunlah kekuatan lagi. Tetapi hal ini bukan berarti kita boleh tidur semaunya. Secara alami, manusia hidup bukan untuk tidur. Jadi tidurpun ada batasnya.
Kebutuhan tidur seseorang berbeda-beda tergantung umur, aktivitas dan faktor individu. Tetapi kebutuhan tidur rata-rata sehari secara umum dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Bayi : 20 - 22 jam
  • Anak-anak umur 6 - 8 tahun: 12 jam
  • Anak-anak remaja : 8 - 10 jam
  • Pemuda dan orang dewasa : 6 - 8 jam
Tidur terlalu banyak tidak ada manfaatnya bahkan dapat merugikan karena badan menjadi lemah, kegemukan, perasaan malas dan waktu terbuang. Apabila umur kita 60 tahun dan rata-rata tidur 10 jam sehari berarti 25 tahun hidup kita hanya untuk tidur. 
Perlukah tidur siang? Menurut pendapat beberapa ahli, tidur siang kurang perlu bagi pemuda atau orang dewasa kecuali yang bekerja pada malam hari atau penyembuhan dari penyakit.Siang hari sebaiknya dimanfaatkan untuk bekerja dan beraktifitas.

1 komentar: