Senin, 17 Oktober 2011

Anak Saya Sejak Lahir Wajahnya Sering Membiru

Anak saya yang kedua saat ini berumur 5 tahun namun memiliki pertumbuhan yang lambat dibandingkan kakak-kakaknya pada umur yang sama. Badannya lemah dan kurus. Ia tidak suka bermain dengan sesamanya, apabila berlari nafasnya tersengal-sengal dan mukanya nampak membiru walaupun larinya hanya 50 meter dan tidak bergitu cepat. Kalau menangis wajahnya nampak kebiru-biruan.
Saya pernah memeriksakan ke dokter internist dan hasilnya ia mengidap penyakit jantung. Ia Dokter tersebut menyarankan untuk membawa ke ahli penyakit jantung karena jantungnya perlu dioperasi. Saya jadinya takut karena anak sekecil itu sudah harus operasi jantung.Yang ingin saya tanyakan :
  1. Apakah sebenarnya penyakit anak saya?
  2. Apakah penyebabnya?
  3. Berapakah biaya untuk operasi?
  4. Apakah akibatnya bila tidak dioperasi?

Jawaban :

Penyakit jantung pada anak-anak banyak sekali jenisnya seperti: penyakit jantung kongenital atau bawaan,
penyakit jantung karena rheuma, penyakit jantung karena infeksi oleh bakteri maupun penyakit jantung akibat beri-beri. Yang terbanyak adalah kelainan jantung bawaan.
Kelainan jantung bawaan misalnya: tetralogi dari fallot, transposisi pembuluh darah besar, ductus arteriosus yang menetap, defek pada septum atrial, stenosis atau atresi dari aorta dan lain-lain.
Jantung merupakan organ penting yang bertugas memompa dasar bersih ke saluran bagian tubuh untuk mengantarkan zat asam (oksigen) dan zat-zat makanan. Karena adanya kelainan jantung tersebut maka terjadi kebocoran-kebocoran sehingga darah bersih yang mengandung zat asam tersebut tercampur dengan darah kotor yang banyak mengandung CO2. Akibtnya darah yang beredar keseluruh tubuh kekurangan zat asam dan zat makanan, sedangkan CO2 nya berlebih.
Inilah yang menyebabkan anak selalu lemah, lekas lelah, tidak bergairah, sesak nafas dan muka atau tubuh tampak kebiru-biruan (kebiruan). Di samping itu kelainan jantugn bawaan menyebabkan kekuatan jantung berkurang sehingga darah yang dipompa ke seluruh tubuh tidak banyak, hal ini mengakibatkan zat asam dan makanan yang diangkut keseluruh tubuh tidak mencukupi.
Cara pengobatan penyakit jantung bawaan tergantung kepada jenis kelainan dan berat tidaknya kelainan jantung tersebut. Tetralogi dari fallot dan ductus arteriosus yang menetap dapat disembuhkan dengan operasi. Tetapi transposisi total dari pembuluh-pembuluh darah besar susah disembuhkan karena belum ada cara yang efektif termasuk dengan operasi. Defek pada septum ventrikuler dan atrial yang ringan serta stenosis arteria pulmonalis yang ringan tidak perlu dioperasi, tetapi bila berat memerlukan terapi dengan cara operasi.
Mari kita bahas pertanyaan Anda:
  1. Dokter yang memeriksa mengatakan bahwa anak Anda mengidap penyakit jantung. Kemungkinan besar adalah penyakit jantung bawaan. Tetapi jenis atau nama penyakit jantung bawaan tersebut tidak bisa saya tentukan.
  2. Penyakit jantung bawaan terjeadi sebelum anak Anda lahir yaitu sewaktu masih dalam kandungan. Perubahan-perubahan pada jantung mulai terjadi pada waktu janin (=embrio) berumur antara minggu ke-2 dan ke-8 yaitu pada awal proses pembentukan jantung. Penyebab penyakit jantung bawaan ada bermacam-maca diantaranya: rubella (=German Measles, sejenis tampak) yang diidap seorang ibu sewaktu mengandung 1-2 bulan, faktor keturunan, umur sang ibu sewaktu mengandung lebih dari 40 tahun, kekurangan vitamin A pada ibu sewaktu mengandung bayi, anoksia (kekurangan zat asam) sewaktu ibu mengandung, dan faktor-faktor yang lain.
  3. Sebagaimana telah diuraikan diatas, beberapa penyakit jantung berat dan lainnya harus disembuhkan dengan cara operasi. Disamping itu bahkan terdapat penyakit jantung bawaan yang yang tidak dapat diobati walau dengan jalan operasi. Apabila dokter merekomendasikan anak Anda untuk operasi maka  pengobatan dengan operasi merupakan yang terbaik untuk penyembuhannya demi masa depan anak Anda. 
  4. Biayanya operasi jantung relatif mahal. Detail biaya dapat Anda tanyakan pada dokter ahli yang akan melakukan operasi. Apabila biaya tersebut tidak terjangkau,  Anda dapat mengajukan bantuan biaya kepada Yayasan Jantung Dewi Sartika. 
  5. Sebagian kecil penyakit jantung bawaan yang berat bisa menetap atau berkurang gejala-gejalanya, tetapi sebagian besar akan semakin berat dengan bertambahnya umur. Tanpa penanganan lebih lanjut Anak Anda akan tetap seperti sekarang untuk beberapa tahun atau bahkan dapat lebih sesak, lebih lemah dan lebih kebiru-biruan.

1 komentar: